Umum

KERANGKA ACUAN KEGIATAN IMPLEMENTASI KTSP DILINGKUNGAN MTs. BAHRUL ULUM KOTA TASIKMALAYA

A. RASIONAL
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)  adalah Kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. KTSP pun merupakan salah satu bentuk realisasi kebijakan desentralisasi dibidang pendidikan agar kurikulum benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di  sekolah yang bersangkutan dimasa sekarang dan yang akan datang dengan mempertimbangkan kepentingan lokal, nasional, dan tuntutan global dengan semangat manajemen berbasis sekolah (MBS).
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di tingkat satuan pendidikan.
Menyadari sepenuhnya bahwa tujuan Satuan Pendidikan harus berorientasi pada tujuan pendidikan dasar, visi dan misi sekolah. Tujuan pendidikan dasar adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Atas dasar itulah MTs. Bahrul Ulum  dalam upaya menjadikan istitusi pedidikan yan visioner memandang bahwa implementasi penerapan KTSP merupakan hal yang mesti segera direalisasikan dengan harapan memberi nuansa lebih baik dalam pengelolaan pendidikan, untuk itu kami bermaksud menyelenggarakan Workshop Implementasi KTSP di lingkungan MTs. Bahrul Ulum.
B. LANDASAN
  1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. PP 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
  4. Peraturan Mendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.
  5. Peraturan Mendiknas Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Permen Diknas Nomor 22 dan 23.
  6. Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
  7. Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.
  8. Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Standar Sarana dan Prasarana.
  9. Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses, serta panduan Penyusunan KTSP yang disusun BSNP.
C. TUJUAN
  1. Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemadirian dan inisiatif sekolah dalam menembangkan kurikulum, mengelola dan memberdayakan yang tersedia.
  2. Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam pengembangan kurikulum melalui penembalian keputusan bersama.
  3. Tujuan Umum.
Memberdayakan Guru Mata Pelajaran melalui MGMPS dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran sesuai dengan standar pelayanan minimal dalam kerangka penjaminan mutu pendidikan nasional melalui diklat/workshop implementasi KTSP.
D. SASARAN
Yang menjadi sasaran dalam workshop Implementasi KTSP adalah Guru-guru, karyawan, dan komite MTs. Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya yang berjumlah … orang.
E. HASIL YANG DIHARAPKAN
  1. Sekolah lebih mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman bagi dirinya sehingga dia dapat mengoptimalkan pementapan sumberdaya yang tersedia untuk memajukan lembaganya.
  2. Sekolah lebih mengetahui kebutuhan lembaganya, khususnya input pendidikan yang akan dikembangkan.
  3. Terwujudnya sekolah yang mampu bersaing secara sehat untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui upaya-upaya inovatif dengan dukungan orang tua perserta didik, masyarakat dan pemerintah.
F. KEPANITIAAN
Untuk suksesnya kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini maka disusun Penanggung jawab Kegiatan sebagaimana tertuang dalam SK Kepala MTs. Bahrul Ulum. (Terlampir)
F. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
  1. Waktu
    1. Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan selama 6 hari (6 kali pertemuan).
    2. Pelaksanaan setiap hari senin pukul 07.30 s.d 15.30 WIB.
    3. Durasi setiap jam pelajaran 45 menit.
2. Tempat Kegiatan
Adapun tempat untuk pelaksanaan workshop KTSP Pengembanan Model dan media pembelajaran dilaksanakan di MTs Bahrul Ulum.
G. STRUKTUR PROGRAM
NO Materi Pokok Alokasi Waktu
I. TEORI
  1. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
  2. Pemetaan Kompetensi dan Materi Pelajaran
  3. Pengembagnan Silabus dan RPP
  4. Pengembangan Media dan Alat Pembelajaran
  5. Pengembangan Alat Evaluasi dan Rancangan Pelaksanaannya.
5 3
3
3
2
II. PRAKTIK
  1. Praktek menyusun silabus
  2. Praktek menyusun RPP
  3. Praktek menyusun instrumen penilaian
  4. Membuat/merancang media pembelajaran
  5. Presentasi hasil diskusi / kerja kelompok
  6. Mengimplementasikan desain pembelajaran dan real teaching
8 8
4
4
6
6
Kegiatan
  1. Alur Kegiatan Peserta
    1. Studi referensi dan pengkajian materi
    2. Pelaporan hasil pengkajian (kertas kerja)
    3. Presentasi hasil kerja dalam bentuk diskusi/seminar kelas
    4. Kegiatan pembelajaran
      1. Mengkaji materi ajar (ceramah, membaca intensif)
      2. Penugasan
      3. Tanya Jawab
      4. Demonstrasi dan simulasi
      5. Pelaporan dan unjuk kerja (diskusi terpimpin)
E. RENCANA ANGGARAN BIAYA
NO Uraian Kegiatan Volume Harga Satuan Jumlah
1. Persiapan


Pengadaan ATK


2. Pelaksanaan


  1. Transport



  1. Transport Panitia
6 orang x 3 pertemuan



  1. Tranport narasumber
4 orang x 3 pertemuan




  1. Honor



  1. Honor Panitia
6 orang x 3 pertemuan



  1. Honor Narasumber
4 orang x 3 pertemuan




3. Lain-lain


  1. Konsumsi Peserta
30 orang x 3 pertemuan



  1. Snack Peserta
30 orang x 3 pertemuan



  1. Konsumsi Narasumber dan panitia
10 orang x 3 pertemuan



  1. Snack narasumber dan panitia
10 orang x 3 pertemuan







4. Akomodasi


5. Desiminasi hasil kegiatan


JUMLAH
F. JADWAL KEGIATAN
JAM KE WAKTU PERTEMUAN KE / MATERI
1 07.30 – 08.15 Pembuka an D H Catatan : Jadwal bersifat Tentatif
2 08.15 – 09.00 A D H
3 09.00 – 09.45 A D H
4 09.45 – 10.00


5 10.00 – 10.45 B F G
6 10.45 – 11.30 B F G
7 11.30 – 12.15 B F G
8 12.15 – 13.15


9 13.15 – 14.00 C E I
10 14.00 – 14.45 C E I
11 14.45 – 15.30 C E I
Keterangan :
  1. = Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
  2. = Pemetaan Kompetensi dan Materi Pelajaran
  3. = Pengembangan silabus dan RPP
  4. = Pengembangan media dan alat pembelajaran
  5. = Pengembangan Alat Evaluasi dan Rencana Pelaksanaannya
  6. = Praktek menyusun silabus
  7. = Praktek menyusun RPP
  8. = Praktek menyusun instrumen penilaian
  9. = Presentasi hasil diskusi / kelompok kerja